KELUARGA BAHAGIA

Selasa, 29 Januari 2008

PT. RSUP - Industry & Plantations (Sambu Group)

SEJARAH UMUM PERUSAHAAN

PT. RSUP didirikan oleh Mr. Tay Juhana setelah sukses mendirikan PT. Pulau Sambu Kuala Enok dan PT. Pulau Sambu Guntung sebagai pabrik industry pengolahan kelapa, pada tahun 1986 kembali didirikan PT. Riau Sakti United Plantations (PT. RSUP).

PT. RSUP berlokasi di Desa Pulau Burung yang masih merupakan bagian wilayah Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, sama halnya dengan 2 pabrik industry lainnya yang berlokasi pada wilayah yang sama.

Sebagai pengusaha Mr. Tay Juhana menyadari keberhasilan perusahaan Sambu Group ini tidak terlepas dari kerjasama yang baik & peran serta seluruh lapisan masyarakat yang ada disekitarnya.

Perkembangan Perusahaan

PT. RSUP – Industry didirikan pada tahun 1986 di wilayah Sumatera bagian Timur Indonesia, memiliki perkebunan sendiri dengan luas penanaman kelapa dan nanas mencapai 20.225 hektar.

Tahun 1993 PT. Riau Sakti United Plantations – Industry diawali dengan 1 line produksi Desiccated Coconut dengan mesin Dryer dan pembangunan fasilitas dermaga Export.

Tahun 1995 Penambahan line 2 pabrik Desiccated Coconut bersama dengan perluasan dan peningkatan Meat Preparation, untuk pembukaan 0,5 juta butir kelapa per hari dan kapasitas 2 juta butir kelapa pada Nut Storage dan ditahun yang sama dimulainya pabrik Nanas Kaleng dengan kapasitas 5 line produksi

Tahun 1996 1999 Perluasan Pabrik Santan Kaleng dengan penambahan pengoperasian 2 Retort, Persiapan line 3 pabrik Desiccated Coconut, Perluasan 8 line untuk pabrik Nanas Kaleng, dan Perluasan pabrik untuk Pineapple Juice Concentrate

Pada tahun 1999 PT. RSUP – Industry telah konsisten mengimplementasikan system ISO dan telah mendapat sertifikasi ISO 9002 : 1994, System Manajemen Mutu dan HACCP (SS 4444 : 1998) dari SGS International Services Singapore pada tanggal 17 Desember 1999

Melihat data statistik tahun 2003, PT. RSUP perkebunan telah mampu memproduksi 700.000 butir buah kelapa dan 300.000 buah nanas untuk diproses setiap harinya. Jumlah tersebut telah memberikan konstribusi untuk bahan produksi 70% kelapa dan 30% nanas. PT. RSUP Perkebunan menjamin kelancaran (stabil) supply bahan baku untuk keperluan industry selama bertahun-tahun.

PT. RSUP – Industry juga mendapat pasokan bahan baku buah dari tiga perusahaan perkebunan transmigrasi setempat, yaitu GHS1, GHS2 dan RSTM. Jika digabung bahan baku yang didapatkan untuk pengolahan mencapai lebih dari 1 juta butir kelapa dan sekitar 500 ribu buah nanas setiap harinya untuk diolah. Dengan jumlah bahan baku sebanyak itu PT. RSUP – Industry sekarang merupakan perusahaan besar & terkemuka yang memproduksi hasil olahan kelapa dan nanas di pasaran dunia.

15 komentar:

cahganteng mengatakan...

salam kenal,saya mantan karyawan PT STI,tahun 1999-2001,lokasi di simpang kanan( proyek CPO 1 ) lanjut di simpang kiri kanan ( CPO 2 ),lanjut lagi di Pembibitan simpang kiri-kiri.

SUGIANTO LEE mengatakan...

Salam kenal juga, cahganteng.
Terimakasih atas komentarnya di blog ini.

aantirtoutomo mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Mojays182 mengatakan...

Pak klo di pt rsup sistem kontrak atau karyawan tetap

SUGIANTO LEE mengatakan...

sistem kontrak

budhi_h mengatakan...

Dear pak sugianto. kalau untuk staf IT status apa pak .

estuari institut mengatakan...

Salam kenal Pa..
Terima kasih utk Pa Sugianto, sudah berperan mengembangkan industri olahan Kelapa di Indonesia.
Kalo boleh saya mau tanya Pa, Menurut Bapak, Bagaimana Kondisi perkembangan industri pengolahan kelapa nasional sekarang ini, permasalahan yang di hadapi apa saja Pa. kedepan apa yang diharapkan oleh Bapak agar Industri olahan kelapa berkembang pesat. Terima kasih ahdar (ahdaramq@yahoo.com)

Unknown mengatakan...

Sukses n maju trus PT. RSUP 👍

Sugianto Lie mengatakan...

Terima kasih kepada semua pembaca yang sudah isi komentar di blog ini.
Semangat terus untuk membangun bangsa dan negara melalui kehidupan kita pribadi dan keluarga

Unknown mengatakan...

Salam Kenal Pak Sugianto Lee, Sungguh hebat perusahaan Bapak, patut menjadi contoh dan menjadi success story. Mohon informasi Pak apakah batok kelapa dan sabut kelapanya dijadikan apa pak?
terima kasih
Aji

Unknown mengatakan...

Tidak orang berpendidikan sarjana yang mau memperpanjang kontraknya di perusahaan ini. Lokasi sangat terpencing (tidak ada transportasi darat), biaya hidup sangat mahal dan gaji karyawan kecil.

Unknown mengatakan...

Tidak orang berpendidikan sarjana yang mau memperpanjang kontraknya di perusahaan ini. Lokasi sangat terpencing (tidak ada transportasi darat), biaya hidup sangat mahal dan gaji karyawan kecil.

Okti mengatakan...

halo pak Sugianto. tolong hubungi saya okti 081315377614. saya butuh baNget DC

Unknown mengatakan...

terimakasih atas ulasannya pak sugianto. sangat menggambarkan keadaan perusahaan. kalau boleh tau pak, apakanh bapak masih kerja di perusahaan tersebut? saya lulusan baru pak, saya juga putra daerah indragiri hilir. saya harap bapak berkenan membalas komentar saya ini, atau bisa membantu saya dengan membalas via email saya padriandika@gmail.com. terimaksih

Tommy mengatakan...

Kami adalah perusahaan yang khusus menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.

Oli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Gemuk.

Kami menjadi salah satu perusahaan yang dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan pabrik-pabrik besar di Indonesia, termasuk kebutuhan akan pelumasan khusus.
Prinsip kami adalah selalu mengembangkan hubungan jangka panjang kepada setiap customer. Bila anda butuh info lebih lanjut, silahkan menghubungi kami.

Mobile : 0813-1084-9918
Whatsapp : 0813-1084-9918
name : Tommy. K
Email1 : tommy.transcal@gmail.com